PROGRAM PUSPITA 2019


KURSUS “MENGGALI KEPEMIMPINAN
PAUS FRANSISKUS”

Gembala beraroma domba, true power is service, perubahan dari pinggiran, demikian kata-kata yang sering kita dengar kalau berbicara tentang gaya kepemimpinan Paus Fransiskus. Dia membawa suatu warna baru dalam kepemimpinan Gereja: mendengarkan, rendah hati dan sederhana. Maka dikritiknya budaya klerikalisme yang hidup dalam tubuh Gereja. Kursus ini mencoba mendalami gaya kepemimpinan tersebut untuk mengenali wajah Gereja yang hendak dibangun sekarang ini, di tengah perubahan zaman.

Narasumber   : P. T. Krispurwana Cahyadi, SJ
Untuk                      : Imam, Religius, dan Awam
Waktu               : 20 s.d. 27 Februari 2019  (7 hari)
Biaya                       : Rp 1.500.000 /orang


KURSUS “PENGOLAHAN  MASA  KECIL  MENUJU  HIDUP
DEWASA   YANG  EFEKTIF”

Tidak jarang persoalan yang dialami mempunyai akar dari masa lalu, masa kanak-kanak. Tidak semua pengalaman itu kita kenali. Tidak semua pengalaman masa lalu negatif, sebab banyak hal yang positif bisa ditemukan di dalamnya. Maka baik kita kembali mengenali masa lalu, mengolahnya, agar kita dapat semakin terbantu untuk tumbuh dewasa, sehingga kita dapat menjalin relasi yang tepat dan bersikap yang matang. Memang masa kini dan perjalanan ke masa depan, tidak bisa dilepaskan dari masa lalu.

Narasumber  :  Monica Maria Meifung; P.T. Krispurwana Cahyadi, SJ ; P. S. Zahnweh,  SJ    
Untuk                :  Imam, Religius, dan Awam
Waktu               :  18 s.d. 26 Maret 2019  (8 hari)
Biaya                         :   Rp 2.000.000 /orang

RETRET TERBIMBING 8 HARI

Untuk   :  Imam, Religius, dan Awam
Waktu  :  Diselenggarakan 2 kali:
I.     2 s.d. 10 April 2019;
II.  13 s.d. 21 Desember 2019
Biaya     :  Rp 1.900.000  /orang



TRIDUUM PERAYAAN PASKAH

Perayaan Paskah adalah puncak perayaan misteri iman Kristiani. Kalau Kristus tidak bangkit, sia-sialah iman kita, demikian kata St Paulus. Maka rangkaian perayaan Trihari Suci mulai dari Kamis Putih, Jumat Suci, Sabtu sepi dan minggu Paskah perlu dirayakan dengan tepat dan baik. Memang tidak jarang kita tidak sungguh memperingatinya, karena berbagai alasan kesibukan atau kekurangsiapan. Maka retret tiga hari ini membantu untuk mengenali dan mendalami misteri puncak iman ini, sekaligus merayakannya dengan sungguh.


Narasumber   :  P. BS. Mardiatmadja, SJ
Untuk                :  Imam, Religius, dan Awam
Waktu              :  18 s.d. 21 April 2019 (3 hari)
Biaya                 :  Rp 800.000  /orang


KURSUS  “KEDALAMAN HIDUP FORMATOR : HARTA KEKAYAAN FORMANDI”


Formasi, atau pembinaan hidup bagi imam dan religius, merupakan sesuatu yang sangat penting. Masa tersebut membantu untuk menegaskan panggilan dan menemani mereka yang sedang menjalani masa pembinaan bisa mematangkan hidup panggilannya. Maka peran formator, atau pembina, sangatlah menentukan. Maka formator pun perlu terus-menerus melakukan pembinaan diri, bina lanjut atau refleksi atas tugas perutusannya sebagai formator. Kursus ini dimaksudkan untuk para formator, baik dalam pembinaan calon imam ataupun kaum religius, supaya para formator dapat semakin melayani dengan lebih baik.


Narasumber       : P. T. Krispurwana Cahyadi, SJ;
                                  P. Leo Agung Sardi, SJ & Team
Untuk                   : Imam & Religius  (Khusus Formator)
Waktu                  : 25 April s.d. 5 Mei 2019 (10 hari)
Biaya                     : Rp 2.300.000  / orang


LOKAKARYA DOA BATIN “AJARILAH KAMI BERDOA”

Umumnya doa dipahami “saya berdoa (memuji, memulyakan, bersyukur), saya berbicara, Tuhan mendengarkan” atau kita datang dengan setumpuk litani permohonan dan Tuhan dipaksa mendengarkan. Gereja kita memiliki kekayaan aneka doa batin (meditasi, kontemplasi, doa Yesus, dll). Sayangnya harta melimpah ini kurang diketahui dan dipraktekkan oleh umat, juga mungkin oleh para religius.

Narasumber       : P. T. Krispurwana Cahyadi, SJ ; 
                                  P. S. Zahnweh, SJ & Team
Untuk                   : Imam, Religius, dan Awam
Waktu                  : 10 s.d. 18 Mei 2019 (8  hari)
Biaya                     : Rp 2.000.000 / orang


SPIRITUALITAS PERJUMPAAN DENGAN SAUDARA BERKEYAKINAN LAIN

Dasar dibalik diadakannya lokakarya ini adalah untuk menjawab tantangan Gereja Indonesia yang hidup dan berkembang dalam masyarakat majemuk. Mungkinkah Kristus disadari kehadiranNya diantara mereka-mereka yang tidak mengimani Kristus ? Dalam Lokakarya ini akan memakai dinamika : pengenalan medan (kunjungan), pemahaman persoalan-persoalan dan tantangan (kedosaan), studi / pendalaman dokumen-dokumen Gereja lokal dan universal, pengendapan dalam bentuk retret, tindak lanjut setelah kembali ke karya/hidup sehari-hari.

Narasumber   : P. YB. Heru Prakosa, SJ ;
                               P. Didik Chahyono, SJ; P. Heri Setyawan, SJ
Untuk                      : Imam, Religius, dan Awam
Waktu               : 3 s.d. 11 Juli 2019  (8 hari)
Biaya                       : Rp 2.500.000  / orang


LOKAKARYA
”METODOLOGI MEMBACA KONSTITUSI”


Kursus ini dimaksudkan untuk membantu peserta mengadakan pembaharuan penghayatan hidup religius menurut tuntutan zaman, teologi dan spiritualitas yang baru. Dalam hal ini Puspita melihat bahwa persoalan pokoknya adalah memahami dan menghayati konstitusi.  Melalui Konstitusi ditegaskan apa yang menjadi landasan sekaligus kepemimpinan hidup (life-leadership) ke hidup yang berkualitas demi visi dan misi yang diperjuangkan oleh Tuhan Yesus dalam Roh-Nya melalui para pendiri Ordo, Kongregasi dan Institut Sekular. Konstitusi merupakan pedoman bagaimana hidup berkualitas dalam iman dan dalam pembangunan hidup di dunia sebagai perwujudan Kerajaan Allah yang terus bergerak menuju ke kepenuhan dalam Tuhan. Konstitusi menyajikan nilai-nilai hidup dalam beriman sejalan dengan injil. Konstitusi mengandung tema atau pokok kebenaran yang mengalir dari Allah. Dengan begitu Konstitusi menegaskan bangunan hidup yang kokoh sekaligus dinamis, sebagaimana diperlukan oleh hidup yang terus menerus dicipta oleh Allah. Dari situ Konstitusi juga menyajikan inspirasi untuk hidup. Maka perlu metodologi membaca sapiensial.

Narasumber   :  P. J. Darminta, SJ
Untuk                :  Imam & Religius
Waktu               :  15 Juli s.d. 30 Juli 2019 (15 hari)
Biaya                 :  Rp  3.200.000/orang


RETRET EKOLOGI ”MENYEMBUHKAN DUNIA YANG SAKIT bersama PAUS FRANSISKUS”

Ensiklik Ekologi Paus kita : “LAUDATO SI, TERPUJILAH ENGKAU” adalah sebuah ajakan yang sangat manusiawi sekaligus ilahi, yaitu mencintai Tuhan, sesama dan alam jagat seisinya. Paus mengajak kita semua untuk memandang jagat  raya  ini sebagai “sahabat rumah kita bersama”. Sebagai sahabat, kita mestinya berbagi dan menghargai kehidupan dan memulyakan keindahan sang jagat ini, dimana hati dan tangan terbuka lebar untuk mendekap dengan kelembutan kita semua. 

Narasumber   : P. Paulus Wiryono Priyotamtama, SJ
Untuk                      : Imam, Religius dan Awam
Waktu               : 6 s.d. 13 Agustus 2019 (7 hari)
Biaya                       : Rp 1.700.000 /orang



KURSUS PANGGILAN KESUCIAN
“GAUDETE et EXSULTATE”

Semua orang dipanggil untuk menjadi kudus. Itulah panggilan dasar umat Kristiani. Paus Fransiskus dalam suratnya Gaudete et Exsultate mengingatkan kita akan panggilan ini. Dalam surat yang dikeluarkan tanggal 19 Maret 2018 tersebut, Paus memperlihatkan apa panggilan kesucian tersebut, beberapa ciri dan dorongan untuk mendambakannya. Kursus ini merupakan pendalaman atas surat tersebut, agar kita dapat semakin mengenali dan menghayati panggilan kita akan kesucian. Kursus dibuka untuk para imam, religius dan awam.


Narasumber       : P. T. Krispurwana Cahyadi, SJ
Untuk                   : Imam, Religius, dan Awam
Waktu                  : 5 s.d. 12 September 2019 (7  hari)
Biaya                     : Rp 1.500.000 / orang


RETRET  MEDITASI KRISTIANI

Meditasi Kristiani adalah bentuk doa kontemplatif yang berawal dari para petapa Padang Gurun di abad ke-4 dan diperkenalkan kembali oleh Pater John Main OSB (1926-1982) untuk orang-orang masa kini. Doa yang sederhana ini menghantarkan kita pada keheningan di kedalaman diri. Kita meninggalkan pikiran-pikiran, kata-kata dan imajinasi. Kita meninggalkan ego kita untuk menyadari diri kita yang sebenarnya dalam Kristus.

Untuk                     :  Imam, biarawan & biarawati, awam
Waktu               :  18 s.d. 25 September 2019 (7 hari)
Pembimbing  :  Rm. Tan Thian Sing, MSF
                               Rm. Siriakus M.Ndolu, O.Carm    
Biaya                 :  Rp 1.750.000 /orang
Pendaftaran         :  ditujukan ke Meditasi Kristiani   (Ibu   Kindawati)  HP : 0811827642
                                www.meditasikristiani.com


LOKAKARYA  KEPEMIMPINAN
 “ BAHASA & LOGAT PEMIMPIN”

Bahasa ternyata bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga menjadi  instrumen kekuasaan. Di balik bahasa (cara memilih kata), sudah ada kepentingan, nilai, atau ideologi. Maka perlu melatih dan mengatur bagaimana mengatakan apa yang dipikirkan dengan mempertimbangkan sumbangan apa yang kita berikan dalam percakapan. Perlu menyadari pikiran/perasaan agar bisa menyampaikan pesan secara efektif. Perlu melatih diri untuk bisa menunjukkan sikap dan keyakinan untuk membangun. Caranya, melatih memilih kata-kata agar menjadi ungkapan rasa hormat dan memberi rasa nyaman. Dengan demikian komunitas menjadi tempat membiasakan diri untuk jujur, sabar dan tulus.

Narasumber   : P. L. Priyo Poedjiono,SJ ;
                              P. J. Haryatmoko, SJ
Untuk                      :  Imam, Religius, Awam
Waktu               : 11 s.d. 18 Oktober 2019 (7 hari)
Biaya                       : Rp 1.700.000  / orang



RETRET MIMPI & PENGLIHATAN DALAM KITAB SUCI


Walaupun dalam Kitab Suci di satu pihak penyalahgunaan mimpi untuk tujuan ramalan amat dilarang, namun di pihak lain mimpi dan penglihatan disamakan dengan wahyu Tuhan dan pencurahan Roh Kudus.
Tujuan retret ini : menambah penghargaan tentang arti mimpi / penglihatan baik dalam Kitab Suci maupun dalam diri sendiri.

Narasumber   : P. S. Zahnweh, SJ
Untuk                      :  Imam, Religius, Awam
Waktu               : 22 s.d. 30 Oktober 2019 (8 hari)
Biaya                        : Rp 1.800.000  / orang


RETRET TERBIMBING 30 HARI

Untuk    :   Imam, Religius, Awam
Waktu   :   4 November s.d. 7 Desember 2019
Biaya     :   Rp 7.000.000 /orang
Catatan :   Ada proses persiapan, mohon mendaftar  secepatnya.

Tidak ada komentar: