Rabu, 18 Juni 2014

10 Perintah untuk hidup harian Santo Yohanes XXIII

The Good Pope, atau Santo Bapa Yohanes XXIII memberikan kiat-kiat untuk hidup bahagia dalam roh. Bagaimana cara kita mencapai kesucian jiwa dan hidup iman yang nyata dalam hidup sehari-hari?

1. Pada hari ini aku akan mencoba menghayati keseluruhan hari secara positif tanpa ingin  menyelesaikan segala persoalan hidupku sekaligus.

2. Pada hari ini aku akan sangat memperhatikan penampilanku: Aku akan berpakaian sederhana; aku tak akan menaikkan nada suaraku; aku akan bersikap sopan dalam kelakuanku; aku tak akan mengkritik siapapun; aku tak akan berusaha memperbaiki atau menertipkan siapapun kecuali diriku.

3. Pada hari ini aku akan bahagia dalam kepastian bahwa aku diciptakan untuk berbahagia, tidak hanya di dunia akhirat, tetapi juga di dunia ini.

4. Pada hari ini aku akan menyesuaikan diri dengan keadaan sekitar tanpa menuntut keadaan sekitar disesuaikan dengan kehendakku.

5. Pada hari ini aku akan menyediakan 10 menit dari waktuku untuk bacaan yang baik, mengingat bahwa sama seperti makanan perlu untuk kehidupan badan, demikianlah bacaaan yang baik perlu untuk kehidupan jiwa.

6. Pada hari ini aku akan melakukan satu perbuatan baik tanpa menceriterakannya kepada siapapun.

7. Pada hari ini aku akan melakukan paling sedikit satu hal yang tidak kusukai; dan kalau perasaanku tersinggung, kupastikan bahwa tak seorangpun mengetahuinya.

8. Pada hari ini aku akan membuat rencana bagi diriku: mungkin tidak kuturuti menurut huruf, tetapi akan kubuat. Dan aku akan waspada terhadap dua kesalahan: sikap terburu-buru dan keragu- raguan.

9. Pada hari ini, walau segala sesuatu kelihatan berjalan buruk, aku akan percaya penuh,  bahwa Penyelenggaraan Ilahi yang baik memelihara aku melebihi siapapun di dunia ini.

10. Pada hari ini aku tak akan punya rasa takut. Khususnya aku tak akan takut menikmati yang indah dan percaya pada kebaikan. Sungguh, selama 12 jam aku pasti dapat berbuat yang mungkin akan menimbulkan kekuatiran andaikan aku mengira harus membuatnya selama hidupku.


Kesimpulan: “Aku ingin baik hati pada siapapun, hari ini dan   selalu”.


Decalogue  for daily living (Pope John XXIII)


1. Only for today, I will seek to live the livelong day  positively without wishing to solve  the problems of my life all at once.


2. Only for today, I will take the greatest care of my appearance: I will dress modestly; I will not raise my voice; I will be courteous in my behaviour; I will not criticize anyone; I will not claim to improve or to discipline  anyone except myself.


3. Only for today, I will be happy in the certainty that I was created to be happy, not only in the other wold but also in this one.


4. Only for today, I will adapt to circumstances, without requiring all circumstances to be adapted to my own wishes.


5. Only for today, I will devote 10 minutes of my time to some good reading, remembering that just as food is necessary to the life of the body, so good reading is necessary to the life of the soul.


6. Only for today, I will do one good deed and not tell anyone about it.


7. Only for today, I will do at least one thing I do not like doing; and if my feelings are hurt, I will make sure that no one notices.


8. Only for today, I will make a plan for myself: I may not follow it to the letter, but I will make it. And I will be on guard against two evils: hastiness and indecision.


9. Only for today, I will firmly believe, despite appearances, that the  good Providence of God cares for me as no one else who exists in this world.


10. Only for today, I will have no fears. In particular, I will not be afraid to enjoy what is beautiful and to believe in goodness. Indeed, for 12 hours I can certainly do what might cause me consternation were I to believe I had to do it all my life.



Conclusion: “I want to be kind, today and  always, to everyone”

Tidak ada komentar: